Kecanduan Cinta Atau Seks ?

·
Ketergantungan seks? Atau Ketergantungan `Cinta`? Bisakah Anda bedakan antara seks dengan cinta? Sebagian besar orang berpendapat bahwa hubungan seks merupakan salah satu cerminan dari rasa cinta yang ada dalam diri kita untuk pasangan kita tentunya, tetapi ada juga orang yang berpendapat bahwa hubungan seks hanya merupakan satu kebutuhan badaniah saja. Lalu bagaimana membedakan antara ketergantungan seks dan ketergantungan cinta?

Ketergantungan cinta biasanya terlihat dengan ciri-ciri seperti perasaan pengharapan yang tak berujung bahkan terlihat seperti putus asa serta perasaan takut yang tidak ada habisnya. Takut ditolak, takut merasakan sakit, takut untuk menjalani suatu pengalaman baru dan hanya memiliki sedikit rasa kepercayaan diri dalam kemampuan mereka atau merasa tidak berhak dicintai. Mereka menunggu, berdoa dan berharap bahwa cinta akan datang, dan mungkin sedikit pengalaman baru.

Sementara itu kecanduan seksualitas adalah sama dengan tindakan compulsive, yang memiliki potensial untuk merubah aktivitas kehidupan normal menjadi sesuatu yang menghancurkan. Penjelasan tentang ketergantungan seks tergantung dari tingkah laku orang itu sendiri daripada motivasi orang tersebut.

Ketergantungan seks memperlihatkan kurangnya rasa kontrol pada seseorang atau tertundanya perasaan dan tindakan seksual. Kebutuhan untuk datangnya rangsangan sering digantikan dengan perasaan butuh untuk berhubungan intim. Pada akhirnya, pencarian akan hal tersebut lebih penting dibandingkan dengan keluarga, karir, bahkan keamanan dan kesehatan pribadi.

Saat rasa asyik tersebut semakin meningkat dalam bentuk waktu dan energi, seorang sex addict akan melakukan tindakan seksual sebagai pelampiasan kebutuhannya yang biasa diikuti dengan perasaan bersalah, putus asa dan kebingungan.

Mungkin akan sedikit membantu untuk mengetahui apa itu definisi ketergantungan secara lebih lengkap. Ketergantungan atau Addiction digolongkan dengan pengulangan, pencarian sesuatu yang merusak atau penggunaan suatu substansi yang merusak atau tingkah laku merusak yang dilakukan tanpa memikirkan efek kerusakan tersebut secara sosial, psikologis atau merusak secara fisik. Ketergantungan secara fisik digambarkan sebagai suatu tingkatan adaptasi secara psikologis pada suatu substansi, dimana ketidakadaan substansi tersebut dalam tubuh akan menunjukan gejala dan simptom yang merugikan pada tubuh.

Withdrawal Syndrome terdiri dari suatu kelompok tanda-tanda atau gejala yang dapat diperkirakan, dihasilkan dari peniadaan secara besar-besaran, atau suatu pengurangan dosis dengan cepat dari, suatu substansi psychoactive atau aktivitas. Sindrom tersebut sering dikategorikan dengan fungsi fisiologis berlebihan yang ditekan oleh obat-obatan dan/atau rasa depresi yang timbul karena ketergantungan sesuatu.

Tolerance adalah keadaan dimana sebuah obat atau aktifitas yang dilakukan menghilangkan response baik secara biologis maupun secara behavioral (tindakan). Dengan kata lain, dosis yang lebih tinggi atau dalam kasus ini, tindakan beresiko dibutuhkan untuk menghasilkan efek yang sama saat si pengguna melakukannya untuk pertama kali

Ada beberapa gejala atau ciri-ciri orang yang dikatakan kecanduan `cinta`. Biasanya orang yang kecanduan cinta akan sangat obsesive dan menghabiskan waktunya hanya untuk bersamanya. Orang tersebut juga biasanya malu-malu dan menghindari resiko atau perubahan. Kekurangan hubungan intim yang sesungguhnya, terlalu bergantung pada sang kekasih dan dapat dikatakan bak parasit. Dia juga menuntut cinta dan pengabdian seseorang secara utuh.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang dapat menjadi pecandu cinta, biasanya hal itu terjadi saat mereka tumbuh dan berkembang, pada saat itu mereka mengalami kegagalan. Begitu juga dengan pecandu seks, banyak laporan yang mengatakan bahwa pada masa kecilnya mereka mengalami tindakan kekerasan seksual atau merasa terbengkalai waktu mereka kecil dan seringkali mereka merasa diri mereka dihilangkan atau hancur. Biasanya orang tua mereka juga termasuk pecandu seks juga.

Stress juga menjadi bagian penting yang mendorong terjadinya tindakan seksual merusak dengan memberikan si pecandu fantasi dan hal-hal yang merusak.

Tingkat Phenylethylamine (PEA), zat kimiawi dalam otak yang terhubung dengan euphoria saat jatuh cinta, meningkat dengan rasa `gila` yang muncul, serta mendorong dengan cepat perasaan senang dan menarik secara badaniah.

Love and sex addicts, pada dasarnya tergantung dari rangsangan yang ditimbulkan oleh PEA atau syaraf yang mendorong rasa stress baik secara fisik dan psikologis.

Untuk mengobati kedua penyakit ketergantungan ini dibutuhkan bantuan secara profesional, lebih tepatnya melakukan konseling. Namun demikian ada cara-cara sederhana yang dapat menghilangi atau paling tidak menurunkan tingkat ketergantungan Anda terhadap dua hal tersebut, antara lain, berjanji untuk tidak melakukan hal itu lagi, kemudian membangun kembali hubungan yang Anda miliki, serta mengatur kehidupan Anda agar tidak stress dan yang paling akhir adalah menolong diri Anda sendiri.

Nah, sekarang Anda tahu apakah Anda termasuk orang yang kecanduan seks atau kecanduan Cinta? (dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Hello SoBaT BloGgeR..... KaNaLin Q CiTra. Baru BeLaJaR NgEbLoG Nih.... KaLo AdA MasTeR / SeNiOr BloGgeR MoHoN BimBinGaNnYa Yach. :)

Chat With Me

Top Post

Link Khusus

Follow Me Bagi Yang Sudah Dewasa